HID?? apa itu???

Posted: November 17, 2011 in Uncategorized

Lampu High Intensity Discharge(HID) atau biasa disebut lampu Xenon saat ini menjadi tren, baik di kendaraan roda empat maupun dua. Maklum, dengan daya pencahayaan yang terang serta ketahanan yang tinggi, lampu ini banyak dipilih produsen otomotif.
Bahkan, tak jarang para pemilik mobil atau motor yang kendaraannya belum dilengkapi lampu jenis itu berniat memasangnya. “Proses pemasangannya memang mudah.

 HID

Warna HID


Untuk tingkat keterangan warna dari lampu HID ditentukan oleh satuan derajat Kelvin (K). Sedangkan untuk menyalakan lampu HID diperlukan Ballast yang merupakan alat untuk menyediakan dan mengendalikan voltase lampu termasuk juga untuk menstabilkan aliran listrik.

Jenis/Tipe Lampu HID
Sekarang ini sudah banyak sekali jenis lampu HID dari berbagai merk / tipe dengan kualitas yang berbeda-beda, produksi dan penggunaannya pun saat ini tidak hanya untuk mobil melainkan motor pun sudah bisa. Karena banyak merk dan kualitas yang berbeda-beda inilah kita harus jeli dalam memilih lampu HID untuk diaplikasikan pada kendaraan, terutama buat pengguna mobil.

Untuk jenis/tipe lampu HID yang beredar dipasaran, umumnya terdiri dari lampu-lampu model H1,H3,H4,H7,H8,H11,HB3,HB4. Yang membedakan satu dengan yang lainnya ada pada kedudukan bohlamnya, sedangkan untuk ballast sama semuanya. Model yang umum beredar di Indonesia adalah tipe H4 dimana antara lampu jauh dengan lampu dekat jadi satu.

Tingkat keterangan warna
Lampu HID punya banyak tingkat keterangan yang ditentukan berdasarkan satuan derajat Kelvin (K) dan setiap nilai memiliki warna sinar lampu yang berbeda-beda. Berikut adalah macam warna berdasarkan tingkat derajat Kelvin (K)

Warna HID

Warna HID

* 4300K   Kuning
* 5500K   Putih agak kuning
* 6500K   Putih
* 8500K   Putih-biru
* 10000K Biru agak ungu
* 12700K Ungu
* 15000K Pink

Memilih Lampu HID
Untuk memilih lampu HID secara benar sangat mudah. “Yang harus dicermati, apabila pada lampu terdapat ballast sudah dipastikan memakai lampu HID”. Selain itu juga “Untuk memilih lampu HID yang tepat sebaiknya lebih memperhatikan faktor fungsional kegunaan dari lampu HID tersebut baru faktor fashion” .

Lampu HID terkenal dapat tahan lama dan biasanya apabila ada kerusakan yang diganti hanya pada pada bagian yang mengalami kerusakan saja jadi tidak perlu untuk mengganti seluruh komponennya. Tapi tentu saja harus dicek terlebih dahulu bagian mana yang mengalami kerusakan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s